24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Asuransi, Edukasi Keuangan » Kenali Asuransi Gempa Bumi dan Manfaatnya
Asuransi Gempa Bumi - citizentekk-com

October 9, 2014 Comments (0) Views: 3807 Asuransi, Edukasi Keuangan

Kenali Asuransi Gempa Bumi dan Manfaatnya

Asuransi gempa bumi adalah salah satu asuransi yang sangat cocok untuk masyarakat Indonesia. Seperti yang kita ketahui Letak geografis Indonesia sendiri berada di daerah dengan rawan gempa. Negara kita sering kali dilanda gempa mulai dari gempa yang skalanya sangat kecil hingga gempa dengan skala yang sangat besar.

Salah satu gempa yang paling dahsyat yang juga disertai dengan tsunami pernah terjadi di Aceh. Banyak orang yang tak hanya kehilangan harta benda akibat hanyut terkena tsunami dan rusak akibat gempa bumi namun orang-orang juga kehilangan anggota saudara dan keluarga mereka. Anda tentu ingin sekali melindungi dan mencegah kerusakan atau kerugian besar akibat seringnya gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari perusahaan asuransi yang memberikan jaminan pada anda dan properti anda dari bencana alam misalnya gempa bumi.

Saat ini telah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi untuk beragam keperluan dan memberikan jaminan dalam jumlah yang besar. Salah satu jenis asuransi yang ditawarkan adalah jenis asuransi yang dikarenakan bencana alam misalnya letusan gunung berapi, kebakaran, ledakan besar, tsunami dan juga gempa bumi. Sebelum anda memilih asuransi yang sesuai dengan keperluan anda, ada baiknya anda membaca beberapa tips dibawah ini.

Apa itu Asuransi Gempa Bumi?

Kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksudkan dengan asuransi gempa bumi sebelum akhirnya memilih asuransi tersebut. Asuransi tersebut seperti namanya adalah asuransi yang akan memberikan jaminan kerugian dan juga kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam gempa bumi. Asuransi semacam ini biasanya tidak hanya memberikan jaminan kepada anda yang terkena gempa bumi namun juga terkena bencana lainnya seperti letusan gunung berapi, tsunami dan kebakaran. Nantinya jika anda mempunyai asuransi ini anda akan mendapatkan ganti rugi untuk barang-barang yang telah dijamin yang rusak akibat goncangan atau getaran bumi.

Gempa bumi ini bisa disebabkan karena pergerakan tektonik atau bisa juga karena letusan gunung berapi. Selain itu jaminan juga akan diberikan pada anda jika terjadi kebakaran atau ledakan yang disebabkan oleh gempa bumi secara langsung. Semua kerugian akan ditanggung dan anda akan diberikan jaminan secara cepat. Jika kerusakan disebabkan oleh gempa bumi yang disertai tsunami, anda juga bisa mendapatkan jaminan atas semua kerusakan atas barang yang telah disepakati seperti harta benda maupun bangunan.

Syarat Pemberian Jaminan

Anda akan mendapatkan jaminan asuransi tersebut apabila kerusakan barang atau bangunan memang terjadi akibat goncangan gempa bumi dan bukan disengaja. Selain itu jumlah jaminan yang akan diberikan adalah jaminan atas gempa bumi yang terjadi selama 72 jam dan dianggap sebagai satu rangkaian peristiwa. Ini artinya anda hanya akan mendapatkan satu kali penggantian dan potongan klaim. Kerusakan dan kerugian yang biasanya disebabkan oleh gempa bumi maupun peristiwa alam lainnya biasanya akan sangat besar sehingga harga pertanggungan untuk asuransi jenis ini biasanya juga besar.

Anda bisa mendapatkan asuransi ini dari perusahaan asuransi yang terpercaya dan telah berpengalaman dalam waktu yang lama. Anda perlu memikirkan untuk menggunakan asuransi ini karena memang kita berada dan tinggal di daerah dengan tingkat resiko atas adanya ancaman gempa bumi. Melindungi harta benda dan bangunan dari gempa bumi dengan asuransi gempa bumi bisa membuat kita lebih tenang. Anda bisa mencari informasi lebih lanjut tentang asuransi ini dengan langsung datang ke perusahaan asuransi atau anda bisa berkonsultasi lewat online.

Image Source: citizentekk.com

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>