24-hour Call Center 150180

» Asuransi, Edukasi Keuangan » Pilih Asuransi Kebongkaran untuk Jaminan Harta Benda Anda
Asuransi Kebongkaran

October 9, 2014 Comments (0) Views: 2821 Asuransi, Edukasi Keuangan

Pilih Asuransi Kebongkaran untuk Jaminan Harta Benda Anda

Ada banyak sekali pilihan asuransi yang bisa anda dapatkan dari perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi yang berkembang di Indonesia juga sangat pesat. Salah satu asuransi yang saat ini sangat diminati adalah asuransi kebongkaran. Beberapa dari kita mungkin bingung dengan asuransi ini. Banyak sekali yang bingung dengan nama asuransi ini.

Sebenarnya asuransi ini adalah perluasan dari asuransi kebakaran. Karena sejarahnya yang berasal dari asuransi kebakaran, anda yang ingin mendapatkan asuransi jenis ini haruslah mempunyai harta benda dan bangunan yang telah dijamin dengan asuransi kebakaran. Tidak semua perusahaan asuransi menawarkan asuransi jenis ini. Anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja yang akan dijamin dengan asuransi ini.

Asuransi ini nantinya akan bisa menjamin semua perlengkapan rumah tangga anda, perlengkapan elektronik seperti komputer, radio, televisi, serta perlengkapan khusus seperti mebel dan juga alat musik. Harta benda yang hendak anda asuransikan haruslah dilengkapi dengan keterangan yang rinci seperti pembuatan, harga pembelian, tipe, tahun, jumlah unit dan lain sebagainya.

Rincian jumlah dari barang yang hendak anda asuransikan sangatlah penting karena nantinya saat anda akan mengklaim barang anda, anda akan lebih mudah mengajukan klaim karena jumlah dan keterangan lainnya jelas. Lalu resiko apa saja yang akan dijamin dengan asuransi ini? Anda akan mendapatkan informasinya di bawah ini.

Resiko Dijamin dan Tak Dijamin

Jika anda memilih menggunakan asuransi kebongkaran akan ada beberapa resiko yang akan dijamin dengan asuransi ini dan beberapa hal yang tidak akan dijamin dengan resiko ini. Resiko yang dijamin adalah barang-barang atau harta benda yang hilang akibat dicuri, tindakan kekerasan, paksaan, dan perusakan bangunan. Selain barang, bangunan juga akan dijamin dengan asuransi ini. Lalu resiko apa yang tak dijamin? Resiko yang tidak dijamin dengan asuransi ini adalah kerugian atau kerusakan barang akibat adanya kesengajaan untuk merusak harta benda tersebut.

Anda juga bisa mengasuransikan surat-surat berharga anda misalnya saham, uang kertas, surat berharga, uang logam atau lain sebagainya. Selain mengetahui resiko yang akan dijamin dan tak dijamin dengan asuransi ini, anda perlu tahu siapa saja yang membutuhkan asuransi ini dan apakah anda masuk dalam kategori orang yang membutuhkan asuransi ini atau tidak.

Faktor Penentu Jumlah Jaminan dan Siapa yang Butuh Asuransi Ini

Anda yang belum mengetahui tentang asuransi ini biasanya merasa tidak butuh dengan asuransi ini. Sebenarnya siapa yang membutuhkan asuransi ini? Yang membutuhkan asuransi ini adalah individu atau perusahaan yang ingin melindungi harta benda dan bangunan dari kerusakan akibat pencurian, kerusakaan atau hal lainnya.

Biasanya yang menggunakan asuransi ini adalah pemilik usaha, pemilik pabrik, pemilik wartel atau bisnis lainnya. Jumlahnya jaminan yang ditawarkan kepada anda biasanya berbeda-beda. Anda akan mendapatkan ganti rugi yang berbeda dengan orang lainnya. Apa saja yang mempengaruhi jumlah ganti rugi yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut? Perusahaan asuransi biasanya akan mempertimbangkan lokasi bangunan, keadaan bangunan, penggunaan bangunan, keadaan lingkungan, perampokan, pembongkaran yang sebelumnya pernah terjadi dan lain sebagainya.

Nilai dan harta benda yang diasuransikan juga akan mempengaruhi jumlah jaminan yang akan anda dapatkan dari perusahaan asuransi. Anda juga bisa mendapatkan asuransi yang berbeda dan penawaran yang berbeda-beda di beberapa perusahaan asuransi. Pastikan anda memilih perusahaan asuransi yang benar-benar terpercaya serta bisa memberikan ganti rugi dengan cepat. Hal ini akan sangat menguntungkan anda. Kini anda bisa menentukan apakah anda membutuhkan asuransi kebongkaran atau tidak.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>