24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Asuransi, Edukasi Keuangan » Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil dengan Benar
cara klaim asuransi mobil

June 29, 2016 Comments (5) Views: 13139 Asuransi, Edukasi Keuangan

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil dengan Benar

“Klaim asuransi kendaraan” merupakan upaya dari pemegang polis ketika meminta ganti rugi pada pihak perusahaan asuransi karena terjadi pencurian atau kecelakaan terhadap mobil atau kendaraan yang telah diasuransikan. Berikut ini kita akan mengulas seputar prosedur pengajuan klaim asuransi mobil oleh pemegang polis.

Ketika mobil Anda telah hilang akibat dicuri atau mengalami kecelakaan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak perusahaan asuransi dalam waktu 3×24 jam. Anda bisa menghubungi melalui telepon, SMS, email atau dengan datang langsung ke kantor perusahaan asuransi. Hal ini harus diprioritaskan untuk menghindari penolakan terhadap “klaim asuransi mobil” yang anda ajukan dengan alasan lewat dari jangka waktu yang sudah ditentukan.

Ketika mengalami kecelakaan dan mobil masih bisa berjalan, sebaiknya mobil tersebut dibawa ke salah satu bengkel yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi. Apabila mobil telah mengalami kerusakan berat, sebaiknya mobil tersebut difoto atau didokumentasikan terlebih dulu. Foto ini nantinya akan menjadi bukti bahwa benar-benar telah terjadi kecelakaan.

Pemegang polis harus mengisi formulir yang telah disediakan oleh perusahaan asuransi. Formulir tersebut merupakan salah satu dokumen kelengkapan untuk persetujuan klaim asuransi mobil. Selanjutnya adalah memberi informasi mengenai kronologis kejadian kepada perusahaan asuransi dengan informasi sebenar-benarnya. Hal ini nantinya akan menjadi pertimbangan dari perusahaan asuransi apakah klaim akan disetujui atau  ditolak. Selain itu, pemegang polis wajib melengkapi beberapa dokumen yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

# Dokumen kecelakaan

  1. Formulir klaim yang sudah di isi. Proses klaim baru nantinya akan dilakukan oleh perusahaan asuransi apabila pemegang polis telah mengisi formulir klaim dengan lengkap.
  2. Salinan atau fotokopi polis asuransi mobil. Dokumen ini nantinya sebagai bukti bahwa pemegang polis memang benar menjadi nasabah pada sebuah perusahaan asuransi. Selain itu, dokumen ini untuk mengetahui apakah premi telah dibayar atau belum.
  3. Salinan atau fotokopi SIM.
  4. Salinan atau fotokopi STNK.
  5. Surat keterangan dari kepolisian setempat. Dokumen ini akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan asuransi untuk memberikan ganti rugi atau tidak.

# Dokumen tanggung jawab pihak ketiga (apabila ada pihak ketiga)

  1. Surat pernyataan tentang tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. Dokumen ini dapat dijadikan jaminan bahwa pemegang polis yang telah mengakibatkan kerusakan pada mobil pihak ketiga.
  2. Surat pernyataan tentang tidak adanya asuransi. Umumnya terdapat sejumlah perusahaan asuransi yang tidak akan mengganti rugi apabila pihak ketiga mempunyai asuransi mobil. Oleh karena itu, dokumen ini menjadi salah satu syarat yang sangat penting.
  3. Salinan atau fotokopi SIM/KTP dan STNK.
  4. Surat keterangan dari kepolisian setempat. Surat ini akan menjadi bukti bahwa memang pada waktu dan di tempat tertentu telah terjadi kecelakaan.

asuransi kendaraan anda

Tags: , ,

5 Responses to Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil dengan Benar

  1. Saya tidak pernah mengajukan klim selama setahun, atau batas akhir tenor yang di tentukan. Apakah ada kemungkunan uang kembali (%, dari total premi) kepada pemegang polis?
    Terima kasih.

    • Markom Markom says:

      Dear Pak Murklis,

      Untuk syarat pengembalian premi apabila polis ingin dibatalkan adalah sebagai berikut : Bersih dari klaim (tidak pernah mengajukan klaim), dan pengajuan untuk pembatalan polis adalah max. 3 bulan sebelum masa berlaku polis habis. Untuk perhitungan uang kembali adalah prorata sisa waktu asuransinya.

  2. Saya tidak negajukan klim selama setahun atau batas akhir tenor pembayaran premi. Apakan ada kemungkinan uang pembayaran premi akan kembali pada pemegang polis.

  3. gotomi says:

    contoh, saya naik mobil tetapi saya menabrak mobil berhenti itu apakah dapat asuransi dan selanjutnya sim saya mati apakah dapat asuransi,terimakasih mohon di balas.

    • Markom Markom says:

      Dear Bapak/Ibu Gotomi,

      Apabila SIM mati, maka tidak dapat mengajukan claim dan tidak dapat penggantian asuransi. SIM harus masih dalam masa berlaku.

      Jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, dapat menghubungi customer service kami : Tel : (62-21) 270 0600 .

      Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>