24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Asuransi, Edukasi Keuangan » Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil dengan Benar
cara klaim asuransi mobil

June 29, 2016 Comments (28) Views: 30475 Asuransi, Edukasi Keuangan

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil dengan Benar

“Klaim asuransi kendaraan” merupakan upaya dari pemegang polis ketika meminta ganti rugi pada pihak perusahaan asuransi karena terjadi pencurian atau kecelakaan terhadap mobil atau kendaraan yang telah diasuransikan. Berikut ini kita akan mengulas seputar prosedur pengajuan klaim asuransi mobil oleh pemegang polis.

Ketika mobil Anda telah hilang akibat dicuri atau mengalami kecelakaan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak perusahaan asuransi dalam waktu 3×24 jam. Anda bisa menghubungi melalui telepon, SMS, email atau dengan datang langsung ke kantor perusahaan asuransi. Hal ini harus diprioritaskan untuk menghindari penolakan terhadap “klaim asuransi mobil” yang anda ajukan dengan alasan lewat dari jangka waktu yang sudah ditentukan.

Ketika mengalami kecelakaan dan mobil masih bisa berjalan, sebaiknya mobil tersebut dibawa ke salah satu bengkel yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi. Apabila mobil telah mengalami kerusakan berat, sebaiknya mobil tersebut difoto atau didokumentasikan terlebih dulu. Foto ini nantinya akan menjadi bukti bahwa benar-benar telah terjadi kecelakaan.

Pemegang polis harus mengisi formulir yang telah disediakan oleh perusahaan asuransi. Formulir tersebut merupakan salah satu dokumen kelengkapan untuk persetujuan klaim asuransi mobil. Selanjutnya adalah memberi informasi mengenai kronologis kejadian kepada perusahaan asuransi dengan informasi sebenar-benarnya. Hal ini nantinya akan menjadi pertimbangan dari perusahaan asuransi apakah klaim akan disetujui atau  ditolak. Selain itu, pemegang polis wajib melengkapi beberapa dokumen yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

# Dokumen kecelakaan

  1. Formulir klaim yang sudah di isi. Proses klaim baru nantinya akan dilakukan oleh perusahaan asuransi apabila pemegang polis telah mengisi formulir klaim dengan lengkap.
  2. Salinan atau fotokopi polis asuransi mobil. Dokumen ini nantinya sebagai bukti bahwa pemegang polis memang benar menjadi nasabah pada sebuah perusahaan asuransi. Selain itu, dokumen ini untuk mengetahui apakah premi telah dibayar atau belum.
  3. Salinan atau fotokopi SIM.
  4. Salinan atau fotokopi STNK.
  5. Surat keterangan dari kepolisian setempat. Dokumen ini akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan asuransi untuk memberikan ganti rugi atau tidak.

# Dokumen tanggung jawab pihak ketiga (apabila ada pihak ketiga)

  1. Surat pernyataan tentang tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. Dokumen ini dapat dijadikan jaminan bahwa pemegang polis yang telah mengakibatkan kerusakan pada mobil pihak ketiga.
  2. Surat pernyataan tentang tidak adanya asuransi. Umumnya terdapat sejumlah perusahaan asuransi yang tidak akan mengganti rugi apabila pihak ketiga mempunyai asuransi mobil. Oleh karena itu, dokumen ini menjadi salah satu syarat yang sangat penting.
  3. Salinan atau fotokopi SIM/KTP dan STNK.
  4. Surat keterangan dari kepolisian setempat. Surat ini akan menjadi bukti bahwa memang pada waktu dan di tempat tertentu telah terjadi kecelakaan.

asuransi kendaraan anda

Tags: , ,

28 Responses to Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil dengan Benar

  1. Saya tidak pernah mengajukan klim selama setahun, atau batas akhir tenor yang di tentukan. Apakah ada kemungkunan uang kembali (%, dari total premi) kepada pemegang polis?
    Terima kasih.

    • Markom Markom says:

      Dear Pak Murklis,

      Untuk syarat pengembalian premi apabila polis ingin dibatalkan adalah sebagai berikut : Bersih dari klaim (tidak pernah mengajukan klaim), dan pengajuan untuk pembatalan polis adalah max. 3 bulan sebelum masa berlaku polis habis. Untuk perhitungan uang kembali adalah prorata sisa waktu asuransinya.

  2. Saya tidak negajukan klim selama setahun atau batas akhir tenor pembayaran premi. Apakan ada kemungkinan uang pembayaran premi akan kembali pada pemegang polis.

  3. gotomi says:

    contoh, saya naik mobil tetapi saya menabrak mobil berhenti itu apakah dapat asuransi dan selanjutnya sim saya mati apakah dapat asuransi,terimakasih mohon di balas.

    • Markom Markom says:

      Dear Bapak/Ibu Gotomi,

      Apabila SIM mati, maka tidak dapat mengajukan claim dan tidak dapat penggantian asuransi. SIM harus masih dalam masa berlaku.

      Jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, dapat menghubungi customer service kami : Tel : (62-21) 270 0600 .

      Terima Kasih.

      • Assalamu’alaikum. Barusan mobil sya pas mw parkir nyerempet tembok dan lecet body mobilnya.. prosedur clemnya caranya bagaimana ya?trmksh

        • Markom Markom says:

          Waalaikumsalam, selamat Sore Pak. Mohon untuk informasi nomor bapak yang dapat dihubungi, untuk dapat di bantu oleh customer service kami untuk prosedur klaim kendaraan Bapak. Terima kasih.

          • Markom Markom says:

            Selamat Sore Pak Muhammad, mengenai prosedur klaim dapat menghubungi kantor cabang MAG terdekat untuk laporan awal klaim atau bisa diinformasikan nomor telpon Bapak yang dapat kami hubungi? Terima kasih.

  4. Nuzul Hijri says:

    Polis Mobil kami dibuat di Kota Medan. Saat ini kami sedang mental di Kota lain until sementara waktu. Apakah kami bisa mengajukan klaim di Kota tinggal sementara kami? Thx.

    • Markom Markom says:

      Selamat Sore Bapak/Ibu Nuzul, mengenai pengajuan klaim bisa dikota mana saja. Untuk kantor cabang Asuransi MAG bisa dilihat di buku polis atau bisa diinformasikan nomor telpon yang dapat kami hubungi untuk lebih jelas prosedur klaimnya. Terima kasih.

  5. Adya nur syafitri wijaya says:

    Sore, mau tanya. Mobil saya penyok krn keserempet motor dan ditabrak dr blkng o/motor. Kira2 proses claim, hrs ke kantor asuransi dl atau langsung ke bengkel. Apa ada biaya yg harus kami keluarkan?

    • Markom Markom says:

      Selamat Siang Bapak/Ibu Adya.
      Menjawab pertanyaan Bapak/Ibu mengenai proses klaim bisa datang langsung ke kantor MAG atau bisa datang langsung ke bengkel rekanan MAG (list dapat dilihat di website MAG), kami juga bisa survey ke lokasi Bapak/Ibu.
      Dan mengenai biaya yang dikeluarkan tertera pada polis Asuransi Bapak/Ibu (sebagai contoh : Rp.300.000/kejadian, Rp.500.000/kejadian).
      Untuk informasi lebih jelas mengenai prosedur klaim, mohon dapat di share nomor telpon yang dapat kami hubungi. Terima kasih.

  6. Mahendra says:

    Dear Bapak/Ibu

    Saya membeli mobil second yang telah terdaftar asuransi selama 3 tahun, saat ini saya ingin melakukan klaim tetapi polis asuransi menggunakan nama pemilik sebelumnya, apakah dapat diproses??

    Terima Kasih

    • Markom Markom says:

      Selamat Sore Bapak/Ibu Mahendra.
      Mohon informasi mengenai nomor polis dan nomor yang dapat dihubungi agar dapat kami follow up lebih lanjut. Terima kasih.

      • Devina says:

        Permasalahan saya sama seperti itu, tindak lanjutnya bagaimna ya mas?

        • Markom Markom says:

          Selamat Pagi Ibu Puspita,
          Apakah Ibu mengalami kesulitan saat mengajukan klaim Asuransi Mobil?
          Mohon informasi nomor yang dapat kami hubungi, agar dapat di bantu oleh customer service kami.
          Terima Kasih.

  7. Budi says:

    Apa harus sdg dipakai sendiri ? (yg tertera di STNK dan KTP), ? Maksudnya, kalau mobil sedang tidak dipakai sendiri, tapi dipakai orang lain (istri / saudara), apakah bisa ngajuin klaim juga ?

    • Markom Markom says:

      Selamat Siang Bapak/Ibu BUdi.
      Bapak/Ibu bisa mengajukan klaim jika kendaraan sedang dipakai oleh orang lain dengan melampirkan sim pengemudi pada saat kejadian.
      Untuk dokumen klaim yang harus disiapkan saat pengajuan klaim :
      – F/C Kartu Polis
      – F/C KTP tertanggung ( jika polis a/n PT dibutuhkan stempel perusahaan pada saat pengisian formulir klaim)
      – F/C Sim pengemudi pada saat kejadian
      – F/C STNK
      Semoga dapat membantu pertanyaan Bapak/Ibu. Terima kasih.

  8. Fadly surapati says:

    Tadi pas mau parkir katabrak tiang rumah…jadi ada lecet bagian body kiri belakang..
    Mohon info donk bgmna cara klaim asuransi???
    Ini no hp saya? 0812 4313 8639

    • Markom Markom says:

      Selamat Pagi Bapak/Ibu Fadly Surapati,
      Terima kasih atas informasi yang diberikan.
      Baik Bapak/Ibu, customer service kami akan menghubungi Bapak/Ibu Fadly Surapati.
      Terima kasih.

      • Fachrul says:

        Tadi pas mau masuk rumah nyerempet pintu pagar samlai kancing bemper belakang copot dan baret”, mohon info cara klaim asuransinya donk.
        087882866302

        • Markom Markom says:

          Selamat Siang Bapak Fachrul,
          Menjawab pertanyaan Bapak mengenai prosedur klaim adalah dengan laporan awal menghubungi kantor cabang MAG terdekat dan untuk kantor cabang Asuransi MAG dapat dilihat di buku polis.
          Atau customer service kami akan menghubungi Bapak terkait prosedur klaim kendaraan Bapak. Terima kasih.

  9. baim says:

    apakah klaim asuransi bisa dilakukan kalo kejadian lebih dri 3 hari lamanya. kerusakannya sih ringan??

    • Markom Markom says:

      Selamat Siang Pak Baim,
      Klaim masih dapat dilakukan dan untuk prosedur klaim adalah dengan laporan awal menghubungi kantor cabang Asuransi MAG terdekat.
      list kantor cabang Asuransi MAG dapat dilihat di buku polis Bapak. Terima Kasih.

  10. Efendi says:

    Klw mobil ditabrak dari belakang bagaimana

  11. SOFYAN TEGUH DWIYANTORO says:

    Pengajuan claim mobil apakah harus sesuai nama di STNK, Contoh seperti mobil saya atas nama isteri bisa tidak claim atas nama suami??

    • Markom Markom says:

      Selamat Pagi Pak Sofyan,
      Mengenai pengajuan klaim mobil, kami hanya membutuhkan dokumen klaim :
      – F/C KTP Tertanggung ( foto copy sesuai di polis )
      – F/C Sim Pengemudi pada saat kejadian
      – F/C STNK
      – F/C kartu polis atau Copy polis
      Untuk pengajuan / laporan klaim bisa siapa saja dengan catatan dokumen diatas telah dilengkapi.

Leave a Reply to Markom Markom Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>