24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Asuransi, Edukasi Keuangan » Cara Memilih Produk Asuransi Kerugian yang Tepat
4283d4f3cff47223_shutterstock_161784542.xxxlarge

June 2, 2016 Comments (0) Views: 2434 Asuransi, Edukasi Keuangan

Cara Memilih Produk Asuransi Kerugian yang Tepat

Cara Memilih Produk Asuransi Kerugian yang Tepat

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menentukan produk asuransi kerugian yang akan digunakan oleh diri sendiri maupun perusahaan tempat Anda bekerja. Berikut ini beberapa tips tentang cara memilih produk asuransi kerugian yang tepat.

# Pisahkan objek/barang berdasarkan perhitungan ekonomisnya

Pilihlah barang yang memang dirasa perlu untuk diasuransikan sehingga Anda tidak akan rugi di kemudian hari. Contohnya, apabila Anda ingin mengambil asuransi kebakaran untuk rumah dan perabotnya, maka tidak perlu untuk memasukkan komputer beserta kelengkapannya ke dalam perhitungan. Hal ini dikarenakan nilai recovery untuk perusahaan komputer sangat rendah bila dibandingkan nilai pada saat pembelian komputer atau ketika akan diasuransikan.

# Identifikasi objek/barang dengan jelas

Disarankan untuk melakukan identifikasi terlebih dahulu terhadap barang/objek yang akan diasuransikan. Contohnya, pada sebuah pabrik garmen dengan mesin-mesin yang dimiliki, genset dan peralatan lainnya yang masih terkait dengan aktivitas produksi pabrik.

# Pilih perusahaan asuransi dengan reputasi baik

Jangan mudah terkecoh dengan penawaran rate premi rendah dari sebuah perusahaan asuransi tertentu. Apabila Anda sampai terkecoh, maka dikhawatirkan perusahaan asuransi tersebut tidak dapat menyelesaikan pembayaran klaim pada saat Anda mengajukan klaim terhadap perusahaan asuransi tersebut.

# Berikan informasi/keterangan dengan jelas

Dianjurkan untuk memberikan keterangan dengan sangat jelas tentang objek/barang yang akan diasuransikan. Selain itu, cari informasi selengkap-selengkapnya tentang produk asuransi yang ditawarkan. Anda dapat bertanya tentang jenis asuransi, rate premi, luas jaminan,  jumlah ongkos yang harus dibayar dan prosedur klaim.

# Cakupan pertanggungan asuransi yang baik

Sebaiknya Anda memilih asuransi yang jaminannya paling luas sebelum perusahaan asuransi menerbitkan polis. Misalnya, pilih cover property all risks untuk asuransi properti gedung, atau cover all risks untuk asuransi kendaraan bermotor.

# Pilih paket produk asuransi

Disarankan untuk memilih satu paket asuransi sekaligus daripada memilih satu produk asuransi saja, Dengan begini Anda akan memperoleh pelayanan dan fasilitas potongan yang lebih baik.

# Pilih sistem First Loss Insurance

Jika Anda memiliki obyek pertanggungan dengan nilai yang sangat besar, dianjurkan untuk menggunakan sistem first loss insurance dari pihak asuransi. Hal ini ditujukan agar premi yang harus Anda bayar tidak menjadi terlalu besar.

# Sistem Adjustable Policy

Jumlah atau nilai asuransi stok barang dagangan pada umumnya akan menunjukkan volume yang berbeda setiap hari dan setiap bulannya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memilih sistem adjustable policy sehingga Anda akan membayar premi berdasarkan transaksi atau volume yang memang telah Anda lakukan.

# Teliti dan bertanya

Dianjurkan untuk selalu membaca dengan teliti semua pernyataan polis beserta pasal-pasalnya. Anda juga dapat menanyakan tentang prosedur klaim secara lengkap sebelum menyetujui penerbitan polis asuransi. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, ada baiknya untuk segera memberitahukannya pada pihak asuransi sehingga mereka akan menerbitkan perbaikan pada polis tersebut.

Source: Shutterstock

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>