24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Edukasi Keuangan, Keuangan » Cara Terbaik Mempersiapkan Tabungan Untuk Membeli Mobil
Mempersiapkan tabungan untuk membeli mobil

June 21, 2016 Comments (0) Views: 575 Edukasi Keuangan, Keuangan

Cara Terbaik Mempersiapkan Tabungan Untuk Membeli Mobil

Cara terbaik mempersiapkan tabungan untuk membeli mobil selain kredit kepemilikan rumah, ada juga kredit kepemilikan kendaraan bermotor. Biasanya seseorang akan lebih mendahulukan untuk membeli mobil daripada rumah. Dan apakah anda sudah mempertimbangkan dalam membeli mobil pertama?

Berikut adalah beberapa cara terbaik mempersiapkan tabungan untuk membeli mobil pertama:

 

  1. Menentukan budget

Cara terbaik mempersiapkan tabungan untuk membeli mobil yang pertama Anda harus memastikan uang muka yang sudah anda miliki, setidaknya anda miliki uang muka sekitar 20% dari harga mobil yang akan anda beli. Jika uang muka anda kurang dari jumlah itu maka mobil yang anda beli keluar dari budget anda. Dan jangan sampai ambil cicilan mobil yang lebih dari 4 tahun. Jika anda tidak dapat menyelesaikan cicilan selama kurang dari 4 tahun, maka mobil itu tidak sama dengan budget anda.

 

  1. Memilih mobil yang sesuai dengan budget

Cara terbaik mempersiapkan tabungan untuk membeli mobil selanjutnya yaitu setelah anda mengetahui budget anda untuk membeli mobil, sekarang anda hanya tinggal untuk memilih jenis mobil yang akan anda pilih. Contohnya dari fitur keamanan dan juga biaya untuk perawatan. Namun, harus anda ingat biaya untuk mobil tersebut bukan termasuk biaya perawatan, asuransi dan lain sebagainya.

 

  1. Menentukan target

Setelah tahu dengan jenis mobil yang anda pilih maka sebelum membeli mobil tersebut tentukan target waktu serta serta jumlah uang yang harus anda tabung. Sebaiknya uang yang anda tabung disetiap bulannya untuk digunakan sebagai uang muka yang jumlahnya kurang lebih hampir sama dengan target pada cicilan kepemilikan mobil. Namun, jika anda masih merasa kesulitan cara terbaik mempersiapkan tabungan untuk membeli mobil dengan jumlah yang ditargetkan tersebut maka cicilan untuk tiap bulannya masih terlalu besar dari kebutuhan finansial anda.

 

  1. Melakukan riset

Sembari menabung, anda dapat memastikan terlebih dahulu kualitas dari mobil yang sedang anda incar. Caranya yaitu mencari rekomendasi tentang mobil tersebut pada keluarga, teman ataupun melalui online. Dengan hal tersebut akan membantu anda dalam memilih mobil yang terbaik dan sesuai dengan kemampuan anda. Selain itu, untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam membeli mobil.

 

  1. Cermat dalam membeli mobil

Jika cara terbaik mempersiapkan tabungan untuk membeli mobil, ada kemungkinan mobil tersebut akan terasa nyaman seperti halnya mobil baru. Namun, jika anda berencana untuk membeli mobil bekas, sebaiknya mintalah bantuan kepada orang yang paham betul dengan mobil serta percayakan untuk memeriksa keseluruhan pada bagian mobil yang ingin anda beli.

 

Pastinya jangan sampai terlalu muluk saat menentukan budget serta mobil yang menjadi incaran anda. Jangan sampai hanya dengan mobil impian anda akan merusak keuangan anda. Siapkan dengan cermat dan disiplin saat menabung dan perhatikan cara terbaik mempersiapkan tabungan untuk membeli mobil akan membantu anda dalam mewujudkan impian untuk membeli mobil pertama anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>