24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Edukasi Keuangan, Keuangan » Apa Saja Manfaat Kartu Kredit itu?
manfaat kartu kredit - uniontownshipmi.com

October 9, 2014 Comments (0) Views: 2451 Edukasi Keuangan, Keuangan

Apa Saja Manfaat Kartu Kredit itu?

Dewasa ini kita bisa melihat bagaimana kebutuhan kita semakin kompleks. Gaya hidup kita juga dituntut untuk menjadi semakin efektif sebisa mungkin. Dan hal ini juga mencakupi wilayah finansial. Jika pada umumnya kita menggunakan uang sebagai alat untuk bertransaksi, tampaknya keberadaan uang akan tergeser dengan munculnya kartu kredit. Kartu kredit dirancang sebagai pengganti uang dan bisa digunakan oleh siapa saja yang sudah memiliki hak untuk memiliki kartu kredit. Dan pastinya manfaat kartu kredit ini sangat bermacam-macam. Di sini kita akan membicarakan tentang bagaimana kartu kredit bisa menjadi sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.

Pengganti Uang

Konsep dari kartu kredit adalah kartu yang bisa kita gunakan untuk melakukan “kredit” di bank. Bisa jadi anggapan ini diartikan sebagai kartu untuk berhutang ke bank. Artinya kita tidak menggunakan uang kita untuk berbelanja namun kita akan menggunakan uang bank. Nantinya, pada periode tertentu, kita diwajibkan untuk membayar sejumlah yang kita belanjakan ke bank. Oleh karena itu, kita tidak perlu membawa uang ke mana-mana.

Untuk orang yang bergaya hidup modern, hal ini akan sangat membantu. Membawa uang dalam jumlah cukup besar di dalam dompet akan sangat menggangggu. Jika kita akan membayar transaksi yang kita lakukan, kita harus mengeluarkan uang tersebut dari dalam dompet, menghitung jumlahnya apakah cukup untuk transaksi, dan membayarkannya. Cukup merepotkan bukan? Jika anda manggunakan kartu kredit, anda hanya perlu menggunakan kartu kredit dan biarkan petugas kasir menggesekkannya di mesin untuk memproses kartu kredit anda dan transaksi sudah berhasil dilakukan.

Walaupun konsepnya kita berhutang ke bank, namun, tidak berarti kita bisa sesuka hati menggunakan kartu kredit tersebut. Ada sejumlah limit atau batasan yang ditentukan oleh bank yang mengeluarkan kartu kredit yang anda gunakan sehingga anda tidak akan melewati batas jumlah yang sudah ditentukan dalam melakukan transaksi. Namun, bisa juga anda memiliki kartu kredit yang limitnya tidak terbatas. Berhati-hatilah dalam menggunakan kartu kredit semacam ini. Jika anda tidak bijaksana, bisa jadi tagihan kartu kredit anda akan membengkak dan menyebabkan anda mengalami masalah finansial.

Keamanan Yang Lebih Terjamin

Dengan mengetahui konsep yang sudah diterangkan di atas, anda pastinya bisa mengira bahwa keamanan transaksi dan uang anda akan lebih terjamin dan itulah salah satu manfaat kartu kredit yang anda rasakan. Ketika anda membawa uang dalam jumlah banyak di dompet anda, anda harus sangat ekstra berhati-hati. Secara tidak langsung, anda bisa jadi menarik orang-orang yang memiliki niat jahat pada anda untuk merampok anda karena melihat jumlah uang dalam dompet anda yang tebal.

Ketika dompet anda dirampok atau dicuri, anda akan benar-benar kehilangan uang anda. Akan tetapi, jika anda menggunakan kartu kredit, selain lebih praktis, anda juga bisa merasa lebih aman. Kalaupun kartu kredit anda dicuri, bukan berarti anda akan kehilangan uang anda. Anda hanya perlu menelepon bank yang mengeluarkan kartu kredit yang anda gunakan dan meminta untuk menon aktifkan kartu kredit anda supaya tidak disalah gunakan oleh orang yang merampok anda. Kemudian anda bisa meminta kartu kredit yang baru lagi. Praktis dan aman bukan?

Bonus Reward

Selain manfaat kartu kredit di atas, anda juga harus tahu bahwa ada banyak sekali penawaran menarik bagi pemilik kartu kredit. Ambil saja contoh bagaimana anda bisa mendapatkan reward dari bank karena anda sering bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit. Belum lagi di luar sana ada banyak vendor yang menwarkan potongan harga atau bonus tertentu bagi pemilik kartu kredit tertentu? Bukankah anda akan merasa lebih nyaman dalam berbelanja dengan adanya bonus-bonus tersebut?

Image Source: uniontownshipmi.com

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>