24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Artikel Kesehatan » Tips Supaya Tetap Sehat Selama Berpuasa

May 30, 2017 Comments (0) Views: 249 Artikel Kesehatan

Tips Supaya Tetap Sehat Selama Berpuasa

Bulan Ramadhan telah tiba, di mana seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa, menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 – 14 jam, selama sebulan penuh. Oleh karena itu penting untuk memerhatikan pola makan dan pola tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik. Walaupun begitu, puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tentu jika dijalankan dengan cara yang baik.

Berpuasa di siang hari tidak lantas menjadikan tubuh menjadi lesu. Pola makan yang berubah selama bulan puasa harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas di siang hari.

Berikut beberapa tips sehat selama berpuasa :

  1. Sebelum mulai berpuasa, ada baiknya untuk mengonsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Terlebih bagi Anda yang mempunyai masalah kesehatan. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.
  2. Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena membantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina selama berpuasa.
  3. Hindari mengkonsumsi makanan yang berminyak, terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena akan membuat tubuh lemas di siang hari. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat.
  4. Hindari udara panas dan terik, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan yang dingin atau tempat teduh. Batasi aktivitas fisik supaya tidak cepat lelah serta sempatkan berolahraga ringan seperti jalan kaki sore supaya membantu memperlancar peredaran darah.
  5. Berbuka puasa dengan makan secukupnya. Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah jam atau satu jam baru menyantap makanan, makanlah sesuai dengan porsi anda yang biasa, tidak perlu berlebihan. Cukupkan dengan karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan.
  6. Banyak orang keliru mengartikan maksud dari “berbuka dengan yang manis”. Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang keliru adalah porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak, apalagi jika rasa manis tersebut berasal dari gula.
  7. Pada saat makan malam, pastikan tidak makan terlalu banyak untuk mencegah obesitas. Selain itu, hindari meminum kopi dan soda karena bisa membuat sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah.
  8. Lakukan olah raga ringan saat malam hari, misalnya dengan berjalan kaki selama 15 menit sampai 20 menit setelah makan malam.
  9. Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama bulan puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak penting.

Source : Webkesehatan.com ; wolipop.detik.com ; duniatips.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>