24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Artikel Kesehatan » WORLD AIDS DAY

November 30, 2017 Comments (0) Views: 44 Artikel Kesehatan

WORLD AIDS DAY

  • 19,5 juta orang dalam terapi antiviral HIV di tahun 2016.
  • 36,7 juta (30,8 juta – 42,9 juta) orang penderita HIV di seluruh dunia tahun 2016.
  • 1,8 juta (1,6 juta – 2,1 juta) orang penderita HIV baru di tahun 2016.
  • 1 juta (830 ribu – 1,2 juta) orang meninggal karena penyakit komplikasi AIDS tahun 2016.
  • Total 76,1 juta (65,2 juta – 88 juta) orang terinfeksi HIV dari awal pandemi HIV.
  • Total 35 juta (28,9 juta – 41,5 juta) orang meninggal karena penyakit komplikasi AIDS dari awal pandemi HIV.
  • Di tahun 2016, ada 36,7 juta (30,8 juta – 42,9 juta) orang hidup dengan HIV.

World AIDS Day (Hari AIDS Sedunia) setiap tahunnya diselenggarakan setiap tanggal 01 Desember. Untuk tahun 2017 jatuh pada hari Jumat, 01 Desember 2017 dengan mengusung tema “My Health, My Right“.

Hari AIDS Sedunia merupakan salah satu dari hari besar kesehatan dunia yang paling terkenal supaya kita memiliki kesadaran untuk berusaha menghindari penyakit AIDS. Selain itu diharapkan juga menjadi perenungan supaya kita dan generasi selanjutnya lebih mawas diri terhadap penyebaran penyakit AIDS.

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini ditemukan pertama kali pada tahun 1981, dan diberi nama AIDS pada tanggal 27 Juli 1982.

Adapun gejala awal HIV/AIDS seperti demam, keringat dingin, radang tenggorok, keringat malam, pembesaran kelenjar getah bening, penurunan berat badan, kelelahan, nyeri sendi, nyeri otot serta ruam kemerahan kulit. Namun banyak orang yang tidak menyadari infeksi HIV tersebut sampai beberapa tahun kemudian virus tersebut telah rusak sistem kekebalan tubuh penderita dan menimbulkan penyakit komplikasi dari AIDS  seperti karposi sarcoma, meningitis, ensephalitis, TB, pneumonia dan lain-lain.

Penyakit ini tidak dapat sembuh, hanya dapat diperlambat progresivitas penyakitnya dengan pemberian obat antiviral.

Momentum hari AIDS sedunia sebaiknya dijadikan bahan renungan agar kita lebih mawas diri, berhati – hati dalam bertindak, supaya tidak terjerumus ke arah pergaulan yang salah dan menghancurkan masa depan. Beragam upaya sudah dilakukan, baik itu oleh pemerintah, para aktivis, organisasi dan sebagainya untuk mengurangi dan menanggulangi permasalahan HIV/AIDS, tetapi masih saja terjadi peningkatan setiap tahun.

Mari bersama kita saling membantu mengakhiri pandemi HIV/AIDS !!!

Source : www.hiv.gov>awareness-days : www.worldaidsday.org : www.w.indiacelebrating.com; who.int ; un.org ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>