24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Bisnis & Investasi, Edukasi Keuangan, Keuangan » Berinvestasi Untuk Persiapan Masa Pensiun
Berinvestasi Untuk Persiapan Masa Pension

June 24, 2016 Comments (0) Views: 456 Bisnis & Investasi, Edukasi Keuangan, Keuangan

Berinvestasi Untuk Persiapan Masa Pensiun

Persiapan Masa Pensiun – Masa pensiun adalah masa dimana seseorang harus mempersiapkan dari saat ini. Hal tersebut karena pendapatan pada usia tua tidak sebesar pada usia muda. Berikut ada beberapa investasi untuk persiapan masa pensiun untuk menambah pengetahuan anda:

 

  1. Membuat portofolio untuk investasi sendiri

Salah satu yang merupakan cara umum dalam persiapan masa pensiun yaitu dalam membangun portofolio baik itu dari suatu saham atau pada obligasi. Portofolio tersebut akan dirancang dalam mencapai pendapatan dalam jangka panjang sampai dengan 20 tahun kedepan. Saat anda pensiun, pendapatan dari portofolio tersebut akan cukup menjanjikan. Akan tetapi anda harus tetap memperhatikan strategi dalam investasi.

 

  1. Potongan gaji

Dalam persiapan masa pensiun dapat melalui potongan gaji yang biasanya dilakukan oleh perusahaan atau dana pensiun dengan melalui reksa dana. Investasi ini akan dikelola untuk tujuan dalam menghasilkan pendapat bulanan yang akan dibagikan kepada anda setiap bulan. Dana tersebut dibuat untuk memberikan paket all in-one yang dibuat dalam mencapai tujuan tertentu. Dana pendapatan pensiun anda bisa mengontrol serta mengakses uang anda disetiap saat. Pastinya jika anda akan menarik uang pokok maka pendapatan dimasa depan anda akan menurun.

 

  1. Asuransi

Anuitas adalah suatu bentuk dari manfaat dari asuransi. Akan tetapi, hal ini disebut dengan investasi yang paling baik. Pasalnya, tujuannya adalah agar dapat menghasilkan pendapatan yang dibutuhkan pada saat pensiun nanti. Dengan anda mengasuransikan pendapat anda , maka perusahaan asuransi akan menjamin bahwa penghasilan untuk hidup anda nanti yang sesuai kesepakatan waktu.

 

  1. Obligasi

persiapan masa pensiun dengan obligasi. Saat anda membeli obligasi, anda akan meminjamkan uang anda kepada pemerintah atau perusahaan dan peminjampun setuju dalam membayarkan bunga untuk menentukan jumlah waktu. Saat obligasi itu sudah jatuh tempo, uang pokok anda akan dikembalikan. Untuk pendapatan bunga bisa anda terima dari obligasi yang bisa menjadi sumber pendapat tetap dimasa pensiun anda. Obligasi mempunyai peringkat kualitas dalam memberikan gambaran mengenai keuangan dari penerbit obligasi. Disediakan jangka pendek, jangka menengah dan juga jangka panjang. Adapun obligasi menggunakan suku bunga yang sudah disesuaikan serta obligasi dengan hasil tinggi dan membayarkan tingkat bunga yang tinggi, namun mempunyai kualitas yang lebih rendah.

 

  1. Memilih investasi yang aman

Anda ingin selalu menyimpan sebagian dana untuk persiapan masa pensiun dengan alternatif investasi yang aman. Hal ini tujuannya agar dari setiap investasi aman yaitu agar dapat melindungi apa yang telah anda miliki. Akan tetapi, jangan sampai terburu-buru saat mengambil keputusan dalam melakukan investasi. Anda harus konsultasikan dulu bersama pakar investasi sebelum anda membuat sebuah keputusan. Persiapan masa pensiun disarankan untuk mempunyai rekening cadangan. Karena akun tersebut tidak harus dimasukkan untuk aset yang tersedia dalam menghasilkan pendapatan pensiun. Hal tersebut ada karena untuk pengaman jika ada biaya tak terduga yang mungkin nanti muncul pada masa pensiun.

 

Diatas adalah cara berinvestasi persiapan masa pensiun yang harus anda persiapkan mulai dari sekarang supaya masa pensiun anda nanti menjadi lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>