24-hour Call Center 150180

» Edukasi Keuangan, Keuangan » Syarat Menjadi Konsultan Keuangan
konsultan keuangan (huffpost.com)

February 27, 2015 Comments (0) Views: 23734 Edukasi Keuangan, Keuangan

Syarat Menjadi Konsultan Keuangan

Konsultan merupakan sebuah profesi yang banyak diminati oleh masyarakat. Konsultan adalah orang yang memiliki tenaga profesional yang dapat menyediakan nasihat, pertimbangan, opini secara detail atau solusi dalam bidang keahlian tertentu untuk bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan.

Salah satu bidang keahlian yang banyak dicari oleh masyarakat adalah konsultan keuangan. Konsultan keuangan bertugas memberi informasi yang berkenaan dengan keuangan, perencanaan keuangan, mewujudkan perencanaan keuangan hingga selesai. Berikut ini adalah syarat untuk menjadi seorang konsultan keuangan.

Memiliki Pendidikan Berkualitas

Memiliki pendidikan yang kuat dan berkualitas adalah salah satu dasar yang sangat bagus untuk semua profesi yang berbasis pengetahuan. Pendidikan dasar saja tidak akan pernah cukup untuk menjadi seorang konsultan. Konsultan harus banyak mengikuti kursus pada salah satu bidang tertentu untuk mengasah kemampuan dalam bidang tersebut. Kursus yang diambil lebih baik yang memiliki tingkat keprofesionalan yang lebih tinggi dan lebih sulit. Hal ini penting agar kemampuan terus terasah dan menjadikan konsultan menjadi lebih handal dan berpengalaman.

Jangan lupa selalu menggenggam semangat yang tinggi, karena pendidikan yang baik tidak akan berhasil tanpa semangat yang tinggi. Semangat yang tinggi di sekolah yang biasa akan mengalahkan mereka yang sekolah di tempat bagus tetapi tidak memiliki semangat tinggi. Pendidikan yang berkualitas dan yang baik selalu diawali dari dalam diri.

Bersertifikasi

Sertifikasi merupakan salah satu bukti bahwa anda telah diakui secara profesionalitas maupun kemampuan. Harga diri seorang konsultan keuangan dapat dilihat dari sertifikat yang dimiliki dan dapat menjadi cara yang mudah dalam mencapai puncak popularitas di kalangan klien. Meski demikian, tetap harus disertai dengan keahlian, pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni. Sertifikat yang biasa dimiliki oleh konsultan keuangan adalah Sertified Internal Auditors (CIA) dan Certified Management Accountants (CMA).

Menguasai Proses Bisnis

Menguasai dunia bisnis menjadi modal lain yang penting untuk seorang konsultan keuangan. Karena banyak klien yang akan meminta saran kepada konsultan keuangan berkenaan penggunaan uang mereka untuk bisnis atau berinvestasi. Konsultan yang baik juga menguasai semua istilah bisnis dan semua bagian dalam bisnis, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, laporan dan memiliki semua solusi untuk berbagai kendala dalam setiap bagian bisnis. Jika anda menguasai semua istilah bisnis, makan akan mempermudah anda dalam memahami permasalahan yang dikonsultasikan oleh klien kepada anda. Semakin banyak istilah bisnis anda ketahui maka semakin mudah pula bagi anda dalam memberi solusi untuk klien anda.

Memiliki Keterampilan dalam Berkomunikasi

Salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam berkarir adalah metode komunikasi yang baik kepada klien. Komunikasi yang baik mampu membuat klien lebih mudah memahami semua apa yang disampaikan. Akan lebih baik jika konsultan keuangan juga menguasai bahasa Inggris agar komunikasi tidak hanya terbatas klien yang berasal dari dalam negeri. Jika anda bertemu dengan klien di manapun sebaiknya berbicara dengan bahasa bisnis agar kemampuan anda sebagai konsultan keuangan semakin diakui di mata klien.

Cara komunikasi yang baik ini tidak akan didapatkan secara instan dan mudah, namun akan didapat dengan cara rajin berlatih dan praktek. Saat menyampaikan suatu hal berkenaan materi yang dikonsultasikan dengan klien, anda harus menunjukan sikap yang baik, ramah, dan sopan. Cara berkomunikasi dan sikap yang baik selalu beriringan dan mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk klien.

image source: huffpost.com

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>