24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Profil Perusahaan

Profil Perusahaan

Riwayat singkat Perusahaan

PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk telah menjadi bagian dari dunia bisnis Indonesia sejak tanggal 14 November 1980. Setelah beroperasi selama 25 tahun, pada tanggal 23 Desember 2005 Perseroan resmi tercatat sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta. Perjalanan penting PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk dimulai dari:

1980
Tanggal 14 November 1980, Perusahaan mengawali kiprahnya sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan asuransi yang terpercaya. Perusahaan berkantor pusat di Surabaya dan pada saat itu Jakarta merupakan kantor cabang utama.

 

1982 – 1983
Perusahaan memperluas jaringan usaha dengan membuka kantor cabang di Bandung. Bekerja sama dengan The RedShield Co. Ltd., Singapore, Perusahaan mulai memasarkan produk asuransi kesehatan.

 

1992 – 2000
Perusahaan memperluas daerah pemasarannya dengan membuka kantor perwakilan di Bali dan Malang kemudian Semarang. Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, Perusahaan memindahkan kantor pusat ke Jakarta dan Surabaya menjadi kantor cabang. Perusahaan memperluas daerah pemasaran di pulau Sumatera dengan membuka kantor perwakilan di Pekanbaru.

2000 – 2003
Perkembangan industri asuransi yang cukup baik di Sumatera memantapkan Perusahaan untuk membuka kantor perwakilan di Medan, Palembang juga Solo. Pada tahun 2002 perusahaan memperluas ekspansinya di pulau Kalimantan dengan membuka kantor perwakilan di Pontianak. Tahun 2003, perusahaan semakin berkembang dengan membuka kantor perwakilan di Bogor, Batam, Lampung dan Manado di Sulawesi.

 

2005
Perusahaan resmi tercatat di Bursa Efek Jakarta sebagai Perusahaan Terbuka. Perusahaan melakukan penawaran umum terbatas untuk memperkuat dan modal kerja Perusahaan guna mendukung peningkatan kinerja Perusahaan.

 

2006 – 2010
Perusahaan memperluas jaringan pemasaran di Kalimantan dengan membuka kantor perwakilan di Balikpapan dan Banjarmasin dan juga Padang untuk memperkuat wilayah Sumatera. Seiring dengan perkembangan usaha dan untuk dapat melayani dengan baik maka pada tahun 2007 kantor perwakilan Makassar, Medan dan Palembang ditingkatkan menjadi kantor cabang. Selain itu kantor perwakilan baru di Yogyakarta juga dibuka. Tahun 2009 – 2010, perusahaan tidak berhenti untuk melebarkan jaringan pemasarannya dengan membuka kantor perwakilan baru di Kendari, Samarinda, Palu dan Jambi untuk melengkapi jaringan yang suda ada.

2011

Untuk memperkuat struktur permodalan guna mendukung kegiatan usahanya ke depan, Perusahaan melakukan Right Issue atau Penawaran Umum Terbatas I (PUT I) kepada para pemegang saham dalam rangka penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih dahulu (HMETD) yang dilaksanakan pada tanggal 10 – 21 Oktober 2011. Meningkatkan kantor perwakilan Bogor, Lampung dan Pekanbaru menjadi kantor cabang.

 

2012

Perusahaan membuka 6 kantor perwakilan baru yaitu Serpong, Cikarang, Muara Bungo, Aceh, Pematang Siantar dan Tanjung Pinang. Pada tahun ini, kantor perwakilan Manado dan Banjarmasin berkembang menjadi kantor cabang.

 

2013

Untuk melengkapi jaringan di wilayah Indonesia bagian Tengah, awal tahun 2013 Perusahaan membuka kantor perwakilan Mataram dan Surabaya di Jalan Rajawali. Dan pada akhir tahun 2013, Perusahaan menempati kantor baru di The City Center Tower One lantai 17, Jalan KH Mas Mansyur Kav. 126 Jakarta sebagai kantor pusat

 

2014

Perusahaan memperluas jaringan dengan membuka 3 kantor perwakilan baru yaitu Ambon, Cirebon, Pangkal Pinang. Pada tahun ini, perusahaan juga membuka 1 kantor cabang baru yaitu cabang Jakarta bertempat di Gedung Bank Panin Pusat Sudirman.

 

2015

Perusahaan melakukan penggabungan usaha (merger) dengan PT Panin Insurance dan penambahan dua kantor cabang Surabaya Tunjungan dan Jakarta Palmerah.

 

2016

Pada oktober 2016, Fairfax Financial Holdings Limited melalui anak perusahaannya Fairfax Asia Limited telah mengakuisisi 80% entitas bisnis Asuransi MAG.

Fairfax Financial Holdings Limited adalah induk perusahaan jasa keuangan, yang melalui anak perusahaannya bergerak di bidang asuransi umum, reasuransi dan manajemen investasi. Fairfax Financial Holdings Limited didirikan pada 1985 oleh Prem Watsa, Pimpinan dan CEO saat ini. Fairfax Financial Holdings Limited berkantor pusat di Toronto, Kanada dan terdaftar pada Bursa Efek Toronto. Saat ini entitas bisnis yang dimiliki di seluruh dunia sudah mencapai pendapatan premi bruto sebesar US$10 milyar.

Fairfax Asia Limited, merupakan anak perusahaan dari Fairfax Financial Holdings Limited. Fairfax Asia Limited adalah induk perusahaan yang beroperasi di wilayah Asia, yaitu Malaysia, India, Indonesia, China, Singapura, Hong Kong, Thailand, Sri Lanka dan Vietnam. Pendapatan premi bruto Fairfax Asia sebelum terkonsolidasi mencapai lebih dari US$3 milyar pada 2015 dan pendapatan terkonsolidasi US$1 milyar menjadikan Fairfax Asia salah satu pemain asuransi umum terbesar wilayah Asia.

Struktur Organisasi

Informasi Pemegang Saham

  • Fairfax Asia 80%
  • PT Paninvest Tbk 3.76%
  • PT Bank Pan Indonesia Tbk 7.76%
  • Masyarakat 8.48%