24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Bisnis & Investasi, Keuangan » Tabungan Pendidikan – Investasi untuk Masa Depan Anak
Tabungan Pendidikan

November 27, 2014 Comments (0) Views: 3331 Bisnis & Investasi, Keuangan

Tabungan Pendidikan – Investasi untuk Masa Depan Anak

Pendidikan menjadi salah satu dari prioritas yang mesti dipersiapkan sejak dini. Naiknya biaya pendidikan dari tahun ke tahun tentu menjadi pertimbangan utama mempersiapkan biaya pendidikan sejak dini. Tak ada orang tua satupun di dunia ini yang tak mengharap kesuksesan putra mereka. Semua orang percaya, dengan pendidikan anak mereka dapat meraih kesuksesan yang lebih dari orang tuanya.

Orang tua kini makin rajin menghitung agar buah hatinya kelak mendapatkan porsi pendidikan yang matang dan terpercaya. Tak sedikit pula telah merencanakan pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi kenamaan, jurusan bonafid, sampai yang berencana ingin memberikan pendidikan tinggi di luar negeri. Tentu saja bukan hal yang murah menyiapkan itu semua. Butuh dana besar untuk mempersiapkan semuanya, yang jika tidak dipikirkan lebih awal pasti kian memusingkan kepala.

Para orang tua kemudian mempunyai kecenderungan dengan menyimpan dana pendidikan bagi buah hati mereka kelak. Mereka berbondong-bondong mencari tempat terbaik dalam memastikan biaya pendidikan anak mereka kelak terjamin dan memuaskan. Hingga muncullah berbagai pilihan guna memastikan adanya dana pendidikan anak seperti tabungan pendidikan, asuransi, investasi jangka panjang, dan lain sebagainya. Dan yang paling diminati para orang tua saat ini adalah tabungan pendidikan.

Pentingnya Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan kini menjadi primadona di kalangan para orang tua yang menginginkan ketersediaan dana pendidikan anak mereka di masa mendatang. Tabungan pendidikan memiliki perbedaan karakteristik dengan asuransi pendidikan. Jika asuransi berkaitan dengan premi dan lebih mengutamakan fungsi proteksi, maka tabungan lebih mengutamakan fungsi investasi.

Tabungan pendidikan merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh bank. Di sini para orang tua bebas memberikan uang bulanan sesuai kemampuan masing-masing, namun ada baiknya anda mempertimbangkan jumlah setoran minimal yang harus ditabung agar jumlahnya kelak dapat memenuhi. Misal anda ingin menabung guna biaya pendidikan anak di jenjang perguruan, maka akan diperkirakan dana pendidikan 15 tahun mendatang sehingga akan di dapat proyeksi setoran bulanan minimal yang harus ditabung oleh para orang tua. Tentu saja jumlahnya bervariasi tergantung pula dengan tingkat pendidikan, jangka waktu, dan kebonafidan sekolah/universitas. Dengan demikian, mempersiapkan tabungan pendidikan sejak dini menjadi prioritas yang utama mengingat biaya pendidikan saat ini juga kian meroket. Apalagi juga banyak kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi, sehingga dengan membuat pos-pos pengeluaran tersendiri dana keluarga makin stabil.

Merealisasikan Tabungan Pendidikan

Ketika dirasa bahwa tabungan pendidikan menjadi salah satu hal yang urgent bagi sebuah keluarga, pastinya harus direalisasikan segera. Dengan demikian tidak ada waktu terulur untuk mempersiapkan keuangan keluarga menjadi lebih matang. Tabungan pendidikan membuat kebutuhan keluarga menjadi terarah. Dana untuk pendidikan, kesehatan, liburan dan investasi lainnya juga dapat dikelola dengan lebih bijaksana.

Hal yang harus dipahami ketika membuka tabungan pendidikan adalah tabungan ini mempunyai fungsi investasi, jadi amat berbeda dengan asuransi; meski dalam perkembangannya kedua produk tersebut makin melengkapi. Tabungan pendidikan dikeluarkan oleh banyak bank, sehingga anda harus jeli dalam memilih bank yang paling tepat guna dana pendidikan buah hati. Masing-masing bank tentu saja akan menawarkan suku bunga yang berbeda, meski pada dasarnya tak beda jauh.

Setoran tabungan pendidikan tidak terikat jumlah, hanya saja biasanya pihak bank akan memberikan saran setoran bulanan guna mengantisipasi kekurangan target dana pendidikan yang diinginkan dikemudian hari. Dengan jumlah setoran bervariasi, tentu ini akan memudahkan bagi keluarga untuk menyesuaikan diri mengatur keuangannya. Tabungan pendidikan sangat cocok guna menambahkan dana pendidikan yang sebelumnya telah dipersiapkan karena hasil akhir sangat tergantung pada setoran yang dilakukan. Maka mulai sekarang, realisasikan segera tabungan pendidikan untuk buah hati anda.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>