Asuransi Edukasi Keuangan
Jan 15, 2015

Alasan Pilih Asuransi Jiwa Syariah

Bagaimana cara kita untuk melindungi jiwa kita? Beberapa orang sangat berhati-hati dalam bertindak, ketika berkendara di jalan raya dan melakukan upaya pencegahan lainnya. Sayangnya kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan. Beberapa orang juga menerapkan hidup sehat agar tidak mudah terserang penyakit mematikan. Pencegahan saja rasanya tidak cukup. Kita juga harus melindungi diri kita dengan cara yang lainnya dan tentunya kita juga harus memikirkan masa depan keluarga jika sewaktu-waktu kita harus meninggalkan mereka untuk selamanya. Oleh sebab itu masyarakat modern sangat sadar akan pentingnya mempunyai asuransi jiwa.

Tidaklah sulit menemukan perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi jiwa. Anda bebas menentukan apakah anda memilih asuransi jiwa konvensional atau asuransi jiwa Syariah. Asuransi jiwa dengan prinsip Syariah memang terdengar baru dan kita baru bisa menemukan beberapa perusahaan asuransi Syariah menawarkan paket asuransi berbasis Syariah. Walaupun termasuk jenis asuransi yang baru namun kita akan banyak menemukan manfaat dari asuransi berbasis Syariah ini terutama untuk melindungi jiwa kita. Lalu apa alasan banyak orang memilih asuransi jiwa dengan basis Syariah ini?

Asuransi Jiwa Tolong Menolong

Asuransi jiwa Syariah tentu saja dibuat berbeda dengan asuransi konvensional yang banyak kita temukan saat ini. Asuransi ini mempunyai atau menerapkan prinsip dan sistem yang berbeda. Sistem yang diberlakukan adalah sistem hibah atau donasi. Maksud dari sistem ini adalah anda bisa mendonasikan atau menghibahkan sebagian atau semua kontribusi anda kepada orang lain atau peserta asuransi Syariah yang sedang mengalami musibah. Perusahaan asuransi dalam hal ini hanyalah bertindak sebagai pengelola dana yang nantinya akan menghibahkan dana anda kepada orang yang membutuhkan dana tersebut. Prinsip asuransi Syariah yang lain adalah tolong menolong. Hal ini tidak akan kita temukan jika kita memilih asuransi konvensional.

Asuransi Syariah Jauh Lebih Jelas

Alasan di atas hanyalah satu dari banyak alasan mengapa akhirnya banyak orang yang memilih asuransi dengan sistem atau basis Syariah dibandingkan dengan yang sistemnya konvensional. Di bawah ini anda juga akan mengetahui alasan lainnya mengapa asuransi ini jauh lebih menguntungkan bagi anda.

Pertama, asuransi dengan sistem Syariah sangat jelas untung dan ruginya. Kita biasanya tak akan tahu keuntungan dan kerugian yang akan kita dapatkan ketika kita memilih asuransi dengan tipe yang konvensional.

Kedua, asuransi berbasis Syariah tidak bermaksud untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya untuk perusahaan atau salah satu pihak saja. Asuransi ini tidak mengenal adanya riba. Semua hal dilakukan untuk keuntungan bersama yang berlandaskan tolong menolong.

Ketiga, asuransi berbasis Syariah tidak akan menimbulkan perdebatan dan permusuhan antara pihak perusahaan dan pihak pemegang polis karena pihak perusahaan dalam hal ini hanyalah bertugas menyimpan dana dan bukan untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan mengetahui beberapa alasan di atas, jelaslah juga bahwa banyak orang memilih asuransi jiwa Syariah karena lebih jelas dan lebih bernilai islami. Anda tentu saja tidak dilarang untuk memilih asuransi yang konvensional namun ada baiknya anda juga mempertimbangkan asuransi yang sifatnya lebih islami dan dilaksanakan sesuai dengan hukum islami juga. Selain anda bisa melindungi jiwa anda anda tentu saja bisa selalu menjalankan perintah Tuhan bahkan dalam hal memilih asuransi.

Lalu perusahaan asuransi mana sajakah yang menawarkan asuransi dengan basis Syariah ini? Periksa terlebih dahulu reputasi perusahaan agar anda bisa terhindar dari pemilihan asuransi di perusahaan yang salah.


×