24-hour Call Center (021) 2929 9999

» Artikel Kesehatan » Tips Tetap Fit Ditengah Kesibukan Kantor

August 9, 2018 Comments (0) Views: 93 Artikel Kesehatan

Tips Tetap Fit Ditengah Kesibukan Kantor

Bagaimana menjaga agar tubuh tetap fit ditengah-tengah kesibukan kantor?

Akhir-akhir ini, perawatan kesehatan menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Bahasannya tidak hanya seputar menjaga kesehatan di rumah namun juga saat bekerja di kantor. Beberapa perusahaan juga mulai serius dalam mempromosikan kesehatan para karyawannya.

Bagi seorang pekerja, memiliki badan yang sehat memberi banyak manfaat di antaranya lebih sedikit absen dari pekerjaan, produktivitas lebih besar, dan terhindar dari stres. Lalu, bagaimanakah cara agar para pekerja tetap sehat? Berikut adalah 10 aktivitas terbaik untuk menjaga kesehatan di tempat kerja.

Latihan ringan
Manfaatkan meja dan kursi kantor untuk berlatih fisik ringan. Kamu dapat melakukan push-up dengan bertumpu pada meja kerja yang akan melatih otot tangan, punggung, dan otot inti.

Cari kursi yang nyaman

Carilah dudukan dengan busa yang tebal dan ada penyangga tulang belakang agar kamu bisa tetap menjaga tubuhmu.

Latihan kardio di kantor

Manfaatkan tangga jika kamu mau mengunjungi rekan di lantai atas.  Jika perlu, kamu sedikit berlari saat menaiki atau menuruninya hingga sedikit terengah seiring detak jantung yang meningkat.

Segarkan pandangan

Pada setiap 1-2 jam, layangkan pandangan kamu ke obyek yang jauh. Cara ini berguna untuk menyegarkan pandangan sekaligus mengembalikan fleksibilitas otot dan lensa mata setelah lama memandangi komputer.

“Oase” sesaat

Tak hanya wanita yang boleh menempatkan barang-barang unik di meja kerja, pria juga bisa. Tujuannya adalah untuk menyegarkan pikiran saat kamu mulai merasa penat. Contoh meletakan action figure favorit atau pigura foto kebersamaan dengan anak, teman dan keluarga.

Atur layar monitor

Pastikan ketinggian layar monitor pas dengan mata agar tidak menyiksa otot leher kamu. Selain itu, atur pula terang dan kontras monitor agar mata kamu tak mudah lelah saat bekerja di depannya.

Relaksasi

Sempatkan untuk mencari hiburan, seperti menonton acara favorit di televise atau mendegarkan lagu favorit Anda.

Input dan output cairan

Suhu ruangan ber-AC memang tidak membuat kita mudah haus, tapi kondisi itu justru membuat tubuh kita dehidrasi, sehingga harus terus mendapat asupan cairan. Selain itu, kita pun harus secara teratur berkemih. Jangan ditahan karena akan memperberat kerja ginjal. Maka sebaiknya setiap pagi sebelum memulai pekerjaan, siapkan satu water pot di atas meja kerja.

Duduk seimbang

Duduklah dengan seimbang, dengan posisi tubuh tegap menghadap layar komputer. Ini akan mencegah tubuh kamu jadi bongkok.

Manfaatkan peregangan

Jangan hanya jari-jari tangan dan leher, regangkan pula punggung kamu yang menopang selama duduk agar tetap seimbang.

Source : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2697430/sibuk-di-kantor-ini-cara-agar-tubuh-tetap-fit; https://www.duniakaryawan.com/kiat-tetap-bugar-di-kantor/; https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150326075154-255-41971/cara-terbaik-untuk-tetap-sehat-selama-bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>